Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu On Campus: Bawaslu Pangandaran tegaskan peran penting Mahasiswa untuk menjadi Pengawas Partisipatif

Bawaslu On Campus

Peserta Bawaslu On Campus yang terdiri Mahasiswa STITNU Al-Farabi Pangandaran

Bawaslu Pangandaran gelar Bawaslu On Campus "Sosialisasi dan Implementasi Perbawaslu 11 Tahun 2023 tentang Pengawasan Kampanye" Di Kampus STITNU Al-Farabi Pangandaran.

Hadir memberi Sambutan, Ketua STITNU Al-Farabi Pangandaran, Dr. Dasep Ubaidillah. Dalam sambutanya Dr. Dasep mendukung penuh terhadap kerja Pengawasan yang dilaksakan oleh Bawaslu Pangandaran.

"Mahasiswa hadir tinya hanya menjadi pemilih, tapi menjadi pilar tegakkanya demokrasi dan mahasiswa hadir didepan publik membawa visi membangun kepercayaan publik terhadap peran Bawaslu." Ucap Dasep.

Kemudian, kegiatan dibuka oleh Anggota Bawaslu Pangadaran, Gaga Abdillah Sihab. Sebelum membuka kegiatan Bawaslu On Campus, Gaga menyampaikan beberapa poin-poin terkait Pengawasan yang dilaksakan oleh Bawaslu, diantaranya terkait dengan hati-hati dalam bermedia sosial jangan sampai menyebarkan berita bohong atau Hoax.

Lanjut, Gaga memberikan motivasi kepada para mahasiswa, bahwa mahasiswa sebagai penyeimbang antara kelas atas dan kelas bawah.

"Mahasiswa leadingnya adalah di middle class, yaitu ditengah-tengah yang bisa menjembatani, sehingga Mahawasiswa harus mempunyai kontribusi aktif" Tutup Gaga untuk kemudian membuka kegiatan secara resmi.

Sebagai Narasumber tunggal, Anggota Bawaslu Pangandaran, Kordiv HP2HM, Ade Ajat Sudrajat menyampaikan pentingnya Pengawasan Partisipatif dari Mahasiswa. Mahasiswa diharapkan mempersiapkan diri secara kualitas untuk menjadi bagian penting demokrasi di Indonesia.

Ade juga menyampaikan terkait dengan implementasi perbawaslu 11, bahwa bawaslu berwenang penuh terhadap pengawasan kampanye.

Terkait dengan pengawasan kampanye ditempat ibadah dan tempat pendidikan, Bawaslu menegaskan bahwa tempat dan fasilitas yang dilarang oleh Undang-undang harus clear dari kegiatan kampanye dan APK

Dihadiri oleh 100 Mahasiswa STITNU Al-Farabi yang terdiri dari BEM, Senat, dan UKM di Lingkungan STITNU Al-Farabi Pangandaran.

Penulis dan Editor : Ihsan Ali

Foto : Nofi Bebet